[REVIEW] Sky Castle, Kebahagiaan, Realita


Shout it out
What you want for the world
Money, honor, beauty, everything you want
Play with a mask to hide the truth
People cheat each other, right?


Sukses atau bahagia?

Pilih yang mana? 
Semua orang pasti mau keduanya. 

Tapi untuk jaman sekarang, mendapatkan kedua hal tersebut sekaligus tidak mudah. 

Kamu bisa saja mengorbankan kebahagiaanmu demi masa depan, mengorbankan hal-hal kecil yang bisa membuatmu bahagia demi menggapai puncak teratas.
Atau mungkin saja kamu memilih berhenti menggapai kesuksesan, memilih diam di bawah dan melihat orang-orang di sekelilingmu semakin tinggi, semakin memandangmu remeh.

Tapi ada satu hal yang pasti, kebahagiaan dan kesuksesan adalah pilihanmu sendiri, bukan orangtuamu, bukan orang lain.


Awal tulisan ini adalah penggalan dari sound track drama Sky Castle yang sekaligus bisa mencerminkan keseluruhan cerita drama tersebut.

Siapa yang gak mau punya uang banyak? Punya gelar tinggi? 
Hidup dalam kemewahan dan dihormati oleh orang-orang disekelilingmu? 
you will do everything to get it.

But, will you sacrifice your happiness?

Sampai saat ini, Sky Castle jadi drama terkeren yang aku tonton. Sebenarnya udah lama banget gak nonton drama, udah gak pernah marathon ngos-ngosan lagi. 

Terhitung sampai Juni aku baru nonton dua drama korea. Salah satunya adalah Sky Castle. Aku berani bilang drama ini jadi yang terkeren menurut pendapatku karena alur ceritanya enggak biasa banget. UNIK. RELATABLE. 

Padahal kalau diperhatikan drama ini mengangkat konflik yang umum banget di korea sana. Bahkan hampir di semua negara-negara maju konflik kayak gini udah biasa banget.

Sky Castle adalah drama fiksi yang mengangkat tema ketatnya kompetisi dunia pendidikan di Korea Selatan. Dengan tema yang sudah bukan rahasia umum lagi, drama yang tayang di salah satu stasiun tv kabel korea ini berhasil memberikan cerita yang membuat penonton ‘gregetan’ untuk menantikan setiap episodenya.

Jajaran pemain-pemain dalam Sky Castle terbilang cukup ‘asing’, mungkin karena itulah drama ini memulai tayangan pertamanya dengan rating 1%. Tapi kualitas memang tidak pernah bohong. Drama dengan 20 episode ini mencetak rekor dengan rating tertinggi sepanjang sejarah penayangan drama di JTBC.

SINOPSIS

Cerita bermula di sebuah lingkungan perumahan elit bernama Sky Castle. Keluarga-keluarga yang tinggal disini adalah keluarga kaya dengan gelar seperti professor, dokter, dan pengacara. 

Han Seo Jin, istri dari dr. Kang mengadakan sebuah pesta untuk merayakan diterimanya Young Jae di Universitas Negeri Seoul. Young Jae merupakan putra dari kepala kedokteran di rumah sakit tempat dr. Kang bekerja. Pesta mewah yang digelar mengundang empat keluarga.

Pesta keluarga ini terlihat sangat menyenangkan, semua tertawa, sangat akrab. Tapi dipikiran mereka masing-masing, mereka saling menjelekkan. Keempat keluarga tersebut sama-sama saling menyombongkan diri bahwa mereka yang terbaik.

Kenapa Han Seo Jin menggelar pesta untuk merayakan orang lain?

Bukan karena turut bahagia, tetapi Han Seo Jin ingin ‘menjilat’ orang tua Young Jae. Han Seo Jin ingin mengetahui rahasia bagaimana anak mereka bisa lulus di Universitas bergengsi tersebut. Han Seo Jin memiliki ambisi agar putri sulungnya, Yeh Suh juga bisa diterima di kedokteran Universitas tersebut.

Selain Han Seo Jin, adapula istri dari Prof. Cha yaitu Noh Seung Hye yang juga ikut-ikutan mencari tahu bagaimana agar kedua putra kembarnya bisa masuk Universitas Negeri Seoul.

Konflik seluruh drama ini dimulai ketika Lee Myung Joo, ibu dari Young Jae. Hidup dengan bahagia, sering berpergian keluar negeri, suaminya adalah kepala kedokteran rumah sakit elit, anaknya diterima dikedokteran universitas terbaik di Korea. Semuanya terlihat sempurna. Setiap perempuan yang tinggal di Sky Castle merasa iri dengannya. Hingga suatu pagi, Lee Myung Joo ditemukan tewas bunuh diri dengan menembakkan pistol ke kepalanya sendiri.

Sebelum meninggal, Han Seo Jin berhasil mendapat tips dari Lee Myung Joo bagaimana agar anaknya bisa masuk ke kedokteran Universitas Negeri Seoul. Berkat tips tersebut, Han Seo Jin dipertemukan dengan seorang guru private bernama Kim Yoo Jung yang mengklaim dirinya bisa 100% membuat anaknya masuk kedokteran Universitas Negeri Seoul.

Hampir semua keluarga di Sky Castle terobsesi dengan pendidikan anak-anaknya. Mereka berusaha membuat pijakan terbaik agar martabat keluarga mereka tetap terjaga.

Setelah Lee Myung Joo meninggal, suaminya mengundurkan diri sebagai kepala kedokteran dan meninggalkan Sky Castle, belakangan juga diketahui ternyata Young Jae selama ini tertekan dengan pendidikan yang dia jalani.

Setelah perginya keluarga Young Jae, terdapat keluarga baru yang menghuni rumah tersebut yaitu keluarga dr. Hwang. Woo Joo, anak dari dr. Hwang belajar tanpa mengikuti bimbingan dimanapun tapi berhasil mendapatkan peringkat tinggi disekolahnya bersaing dengan Yeh Suh. Pembawaan dr. Hwang dan istrinya yang sederhana serta tidak pernah memaksakan pendidikan anakna menjadi hal yang aneh di Sky Castle.

IMPRESSION

Sky Castle sangat menggambarkan kehidupan keluarga di kota-kota besar. Apalagi kota dengan tingkat kebahagiaan yang rendah. Persaingan ada dimana-mana. Para orang tua berekspetasi tinggi pada anak-anak mereka, berharap agar anak mereka menjadi jauh lebih baik dari mereka. Sementara anak-anaknya tentu saja berusaha yang terbaik, mencoba menyesuaikan ekspetasi orangtuanya, bersaing satu sama lain, bahkan meskipun itu adalah hal yang tidak mereka suka, mereka ingin harus menjadi yang terbaik dan menjadi kebanggaan orangtua.

TOKO-TOKOH SKY CASTLE

 Han Seo Jin dan suaminya, dr. Kang yang merupakan keluarga keturunan dokter. Mereka berdua sangat ambisius agar anaknya menjadi dokter generasi berikutnya. Anak pertamanya, Kang Yeh Suh adalah anak yang pintar juga ambisius, selalu ranking satu disekolahnya. Berbeda dengan adiknya Kang Ye Bin yang lebih ingin hidup bebas.

No Seung Hye dan suaminya, Prof. Cha yang sangat terobsesi pada kedudukan. Dia membayangkan puncak piramida sebagai posisi teratas dan memaksa kedua putra kembarnya agar terus belajar hingga mencapai puncak teratas, meskipun kedua anaknya sendiri tidak mau.
Jin Jin Hee dan suaminya, Wang Yang Woo yang merupakan seorang dokter yang menjadi bawahan dr. Kang. Keluarga mereka merupakan yang paling kocak, disatu sisi mereka saling menyayangi, namun disisi lain mereka juga ingin ambisius agar tidak kalah dwngan keluarga yang lain.
Lee So Im dan suaminya dr. Hwang. Mereka menjadi keluarga yang paling harmonis, baik hati dan tidak ambisius. Putranya, Woo Joo juga anak yang pintar dan sangat baik.
Lee Myung Joo dan suaminya, dr. Park yang merupakan petinggi rumah sakit elit. Keluarga mereka adalah yang paling sukses di awal cerita. Semua berubah ketika putranya, Park Young Jae diterima di Universitas elit dan Lee Myung Joo memutuskan untuk bunuh diri.

Rate: 9.2/10

Posting Komentar

0 Komentar