Peran Website Dalam Dunia Bisnis


Jika dahulu website hanya digunakan sebagai alat pertukaran informasi para ilmuwan di perguruan tinggi, maka kini website sudah lebih merakyat. Website dimanfaatkan untuk berbagai hal salah satunya untuk tujuan bisnis.

Di era digital ini sudah sangat banyak pelaku usaha yang menggunakan internet sebagai media pemasaran mereka. Perilaku konsumen yang memanfaatkan internet untuk mencari kebutuhan mereka agar lebih praktis membuat para pelaku usaha juga mau tak mau harus melek internet agar tetap bisa bersaing di dunia bisnis.

Seberapa penting peran website untuk bisnis? Tentunya semua tahu bahwa website kini sudah menjadi keperluan dalam menjalankan bisnis. Jika dilihat kembali sudah banyak pemilik usaha yang go online dan mampu membuat website sendiri, bahkan untuk perusahaan besar, mereka membuat tim khusus yang ditugaskan untuk mengatur website tersebut.

Website sangat penting dimiliki terutama untuk bisnis yang baru dimulai dan bisnis dengan brand yang belum cukup kuat untuk menjangkau pasar. Disinilah peran website sangat penting, yaitu sebagai media yang memberikan jangkauan lebih luas bahkan bisa ke seluruh dunia untuk pemasarannya.

Beberapa Peran Penting Website

1. Sarana display produk dan jasa

Website diibaratkan sebagai toko dimana penjual memperlihatkan semua produk yang dimiliki beserta informasi-informasi berkaitan produk tersebut. Pelanggan dapat melihat kualitas dan ketertarikan terhadap produk ataupun jasa dengan hanya membuka website tersebut. Pelanggan juga dapat dengan bebas melihat produk mana yang mereka suka hanya dengan mengklik bagian pada website tersebut.

2. Menghemat waktu

Berkat informasi-informasi yang dibutuhkan pelanggan terhadap suatu produk sudah dimasukkan pada website, maka pelanggan tidak perlu lagi menghubungi penjual mengenai informasi-informasi tentang produk tersebut. Ini akan lebih menghemat waktu daripada harus menghubungi konsumen satu persatu dan memberikan penjelasan pada setiap produk.

3. Dapat menjangkau pasar lebih luas

Website terbilang mengambil andil cukup besar dalam perluasan pemasaran. Sifatnya yang mudah diakses dan bekerja 24 jam perhari membuat siapa saja dapat mengaksesnya. Kapan dan dimanapun website dapat diakses asalkan ada jaringan internet.

4. Sarana publikasi resmi

Pelaku usaha dapat menjadikan website sebagai media publikasi resmi perusahaan. Contohnya ketika sebuah perusahaan sedang meluncurkan produk baru, maka perusahaan tersebut bisa langsung mempublikasikannya melalui website resmi. Tidak perlu lagi seperti dulu yang harus membuat poster, mempublikasikan melalui surat kabar ataupun tv. Secara tidak langsung website juga membuat anggaran perusahaan jauh lebih hemat.

5. Memberikan pelayanan yang lebih optimal 

Cara kerja website yang cepat dan efisien membuat pelanggan dapat berkomunikasi dua arah dengan penjual. Website dapat dijadikan sarana perusahaan dalam menangani keluhan, pertanyaan, dan aduan terkait barang ataupun jasa yang diajukan pelanggan dan perusahaan pun bisa dengan cepat merespon pelanggan melalui website. Tidak perlu lagi menelfon atau bertemu langsung yang tentunya akan lebih membuang waktu.

5. Membangun branding

Proses branding bisa dilakukan melalui website. Branding sendiri memiliki peran penting dalam perusahaan. Website perusahaan dapat didesain dan dibuat secara khusus untuk menampilkan ciri khas dari perusahaan tersebut. Jika perusahaan sudah memiliki ciri khas, maka pelanggan dapat dengan mudah mengingat produk yang dijual.


Itu tadi beberapa peran penting website dalam dunia bisnis. Sekarang pembuatan website sudah semakin dipermudah dengan adanya pelayanan ataupun jasa dalam pembuatan website. Salah satu contohnya adalah Grapiku yang menyediakan jasa pembuatan website berkualitas dengan berbagai macam desain yang tentunya sangat menarik untuk dipakai dalam membangun bisnis. Layanan desain website grapiku membuat bisnis menjadi lebih mudah dikenal, diakses, dan mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Dulu saya pernah punya website untuk promosi ebook. Dan ternyata berpengaruh besar untuk perkembangan usaha saya :)

    BalasHapus